ptk sd kelas 5

ptk sd kelas 5 PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BACAAN BERBAHASA JAWA  DENGAN STRATEGI DRTA  (DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY)  PADA SISWA KELAS V SD N ABCDE Kab XYZ

Karena keterbatasan waktu yang saya miliki maka pada postingan ini saya akan menyajikan ptk sd kelas 5 hanya dalam bentuk abstraknya saja. Untuk ptk kali ini saya akan menyajikan ptk sd kelas 5 dengan mata pelajaran bahasa indonesia. Bagi anda yang memerlukan ptk ini silahkan langsung kontak saja ke admin di 081809096478 (SMS ONLY) . Mungkin pada postingan selanjtnya, secara berseri akan saya posting lagi dari mulai bab 1 sampai dengan bab 5. Oke selamat mebaca . . .

ptk sd kelas 5 Kemampuan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa siswa kelas V SD Wonorejo 1 Karanganyar Demak masih rendah. Siswa belum mampu membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Masalah penelitian ini yaitu (1) adakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman  siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity), (2) adakah perubahan perilaku siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak dalam kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan strategi DRTA  dan (3) problematika apa yang dihadapi guru dalam penerapan strategi DRTA. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity), (2) mengetahui perubahan perilaku siswa kelas V SD N Wonorejo 1 Karanganyar Demak dalam kemampuan membaca pemahaman, setelah menggunakan strategi DRTA, (3) mengetahui problematika yang dihadapi guru setelah menerapkan strategi DRTA ptk sd kelas 5.

ptk sd kelas 5 Subjek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi DRTA pada siswa kelas V SD Wonorejo 1 Karanganyar Demak. Variabel penelitian ini adalah variabel input-output yakni kemampuan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dan variabel proses yakni strategi DRTA. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes, jurnal, observasi, angket dan wawancara. ptk sd kelas 5 Teknik analisis data berupa teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kemampuan membaca bacaan berbahasa Jawa dengan strategi DRTA. Dan teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis data perilaku siswa dan data kesulitan guru.

ptk sd kelas 5 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman, dari kondisi awal ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tes diketahui terjadi peningkatan, yaitu skor rata-rata kelas 60,59 menjadi 75,29, skor rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 15,00 dengan ketuntasan 55,88%. Sementara pada siklus II skor rata-rata kelas menjadi  86,47, skor rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 11,18 dengan ketuntasan 17,65% dari siklus I. Jadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 27,18 dengan ketuntasan 73,53%. Hasil analisis jurnal, observasi, angket dan wawancara menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas V SD Wonorejo 1 Karanganyar Demak. Perilaku negatif siswa menjadi positif. ptk sd kelas 5 Pada pembelajaran membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dengan strategi DRTA para siswa menjadi lebih aktif. Problematika yang dihadapi guru ada pada penyediaan gambar dan penanganan beberapa siswa yang kesulitan dalam memprediksi gambar.
Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu strategi DRTA dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa ptk sd kelas 5.

This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas SD Sekolah Dasar and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to ptk sd kelas 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>