ptk biologi sma

ptk biologi sma MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IQRO’ PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP KLASIFIKASI, VIRUS DAN MONERA

Setelah sebelumnya memposting ptk bimbingan konseling smp, saya sekarang akan memposting ptk biologi sma untuk anda. Bagi anda yang sedang mencari ptk jurusan biologi, silahkan disimak saja langsung. untuk dapat mendownload semua ptk yang ada di web ini silahkan anda daftar disini :

A. Latar Belakang Masalah ptk biologi sma
ptk biologi sma Biologi merupakan wahana untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan,  sikap, dan nilai serta tanggungjawab sebagai seorang warga negara yang  bertanggungjawab kepada lingkungan, masyarakat, bangsa, negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Biologi berkaitan dengan  cara mencari tahu dan memahami tentang alam secara sistematis, sehingga  Biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-
fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses  penemuan.

Pembelajaran biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa
untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya (Anonim, 2001). ptk biologi sma Selama ini pembelajaran Biologi masih dipahami secara tekstual, sehingga  akan menghasilkan siswa yang melek pengetahuan berupa pandai menghafal,  namun kurang memahami gejala dan realita serta makna dari gejala alam. Selain
itu, pembelajaran masih ditekankan pada buku sehingga para subyek belajar  dalam memahami sesuatu berdasarkan pada konsep jadi yang ada dalam buku.
ptk biologi sma Dalam mempelajari Biologi perlu didukung oleh adanya kegiatan ilmiah  sehingga dapat mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah pada diri siswa.  Fenomena yang diajarkan melalui Biologi adalah fenomena alam yang  mungkin pernah dihadapi siswa. Oleh karena itu, Biologi tidak dapat dipahami
jika hanya diajarkan secara hafalan. Pemahaman konsep- konsep Biologi dapat dianalogikan dengan berbagai macam kegiatan sederhana yang dapat diamati oleh siswa (Saptono, 2001).

Banyak siswa yang tidak dapat mengembangkan pemahamannya terhadap konsep biologi tertentu karena antara perolehan pengetahuan dengan prosesnya tidak terintegrasi dengan baik dan tidak memungkinkan siswa untuk menangkap makna secara fleksibel ptk biologi sma.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi MAN 2 Semarang menunjukkan bahwa hasil belajar untuk materi prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera selalu relatif lebih rendah dibandingkan dengan materi Biologi yang lain pada semester gasal. Hal tersebut disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut:

 

  1. Selama     ini proses pembelajaran sebatas dengan menggunakan metode ceramah yang membuat siswa merasa bosan sehingga minat belajar siswa menjadi berkurang.
  2. Materi pelajaran Biologi pada pokok kajian Virus dan Monera dikenal oleh siswa banyak terdapat bahasa latin dan bersifat abstrak sehingga siswa menjadi cepat lupa pada materi ptk biologi sma.
  3. Dalam kegiatan belajar mengajar cenderung hanya dimonopoli oleh guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi pasif. Menurut Hamalik (2001) pengajaran efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri sehingga menuntut siswa untuk aktif.
  4. Selama ini guru hanya mengandalkan pada sumber belajar dari buku teks dan LKS, belum memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai obyek belajar ptk biologi sma.

ptk biologi sma Keempat faktor seperti yang telah disebutkan di atas, mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas guna menerapkan suatu model pembelajaran yang mendorong siswa lebih berperan aktif dan mampu memahami serta menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata disekitarnya serta mampu membaca  apa yang diciptakan Tuhan.
Kegiatan membaca ayat-ayat Tuhan, disebut Iqro’. Dari kata Iqro’ ini kemudian diadopsi menjadi sebuah model pembelajaran yaitu model pembelajaran Iqro’ (Djohar, 2005). ptk biologi sma Dengan belajar Biologi melalui model pembelajaran Iqro’, timbul kaitan antara belajar Biologi dan potensi membangun keyakinan akan kebesaran Tuhan. Model pembelajaran Iqro’ dapat terlaksana bila dalam pembelajaran, misalnya Biologi, dilakukan dengan kegiatan Iqro’, yaitu membaca ayat-ayat Tuhan. Dalam pelaksanaan penelitian ini, pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Pendekatan JAS memanfaatkan alam sekitar kehidupan peserta didik baik lingkungan fisik, sosial dan budaya  sebagai obyek nyata dalam pembelajaran atau dengan memanfaatkan segala sesuatu  yang ada di lingkungan kelas sebagai sumber belajar, mengkaji alam untuk memperoleh ilmu sekaligus kita memperoleh pemahaman akan kekuasaan Tuhan (Ridlo, 2005).
ptk biologi sma Dalam model pembelajaran iqro’ terdapat 3 sintakmatis yaitu eksplorasi, konseptualisasi dan komunikasi. Dengan adanya ketiga kegiatan tersebut, siswa dilatih dan dikondisikan untuk mencari sendiri segala pengetahuan dengan mempergunakan pemikirannya. Dengan demikian, siswa merasa benar-benar diakui eksistensinya. Proses pendidikan yang mengakui eksistensi siswa sebagai manusia akan menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan sebab siswa belajar sesuai kebutuhannya. Siswa juga menyadari bahwa pihak yang dapat membebaskan, membangun dan mengembangkan diri siswa hanyalah siswa itu sendiri, bukan orang lain atau siapa pun. Kegiatan pembelajaran seperti di atas menjadikan pendidikan Biologi menjadi humanis. ptk biologi sma Menurut Baharuddin dan Sakin (2007) pendidikan humanistik adalah pendidikan yang memandang manusia sebagai manusia, yaitu mahkluk ciptaan Tuhan dengan fitrah-fitrah tertentu untuk dikembangkan secara maksimal dan optimal. Adanya kegiatan eksplorasi ini menjadikan pembelajaran siswa menjadi menarik dan tahan lama sehingga ketika diadakan evaluasi, siswa pun mampu mengembangkan intensitas dan analisa berpikir sehinga hasil belajarnya menjadi baik.
ptk biologi sma Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Iqro’ sebagai praktek pelaksanaan pendidikan yang humanis, dapat dilakukan melalui proses kegiatan yang membimbing potensi-potensi dasar manusia agar dapat terbentuk suatu akhlak yang mulia. Permana (2007) menyatakan bahwa sebenarnya dalam pelajaran Biologi terdapat kaitan dengan ilmu agama. Selanjutnya dijelaskan bahwa semakin orang mendalami suatu ilmu pengetahuan maka ia akan semakin dekat Tuhan, sebab ternyata dalam ilmu-ilmu itu, khususnya Biologi sangat berkaitan erat dengan segala hal yang telah diajarkan Tuhan melalui kitabNya. Jadi pelaksanaan model pembelajaran Iqro’ ini akan menghasilkan moral dan kepribadian siswa yang baik sebagai wujud dari pengalaman belajar yang dikaitkan dengan ilmu agama. Moral dan kepribadian ini sangat erat kaitannya  dengan tujuan pendidikan yaitu membangun manusia seutuhnya, meliputi segi segi material, spiritual, sosial, budaya, moral, kepribadian, kerifan dan juga  intelektualnya. Dengan demikian, tujuan pembangunan akan terselenggara  dengan baik, sebab tujuan pembangunan sesungguhnya diarahkan kepada
pembangunan  manusia itu sendiri, yaitu untuk membangun manusia seutuhnya,  bukan sekedar untuk meningkatkan ekonomi.
Dengan menggunakan model pembelajaran iqro’ pada pokok kajian prinsip prinsp Klasifikasi, Virus dan Monera, proses pembelajaran akan lebih menarik  perhatian siswa, karena siswa mendapat pengalaman baru yang belum didapat  sebelumnya dan siswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar ptk biologi sma.
Apalagi, jika penerapan model pembelajaran Iqro’ dilaksanakan dalam  pembelajaran yang menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS).  Penggunaan pendekatan JAS dan model pembelajaran Iqro’ diharapkan dapat  meminimalkan tingkat kesulitan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan  meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa meningkat.
B. Rumusan Masalah ptk biologi sma
Berdasarkan latar belakang diatas, maka  permasalahan yang akan diteliti yaitu“ Apakah pembelajaran melalui pendekatan JAS dengan model pembelajaran Iqro’ dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera pada kelas X semester 1 MAN 2 Semarang?”
C. Cara Pemecahan Masalah ptk biologi sma
Berdasarkan hasil analisis dari tahun ke tahun, siswa masih mengalami kesulitan belajar Biologi pada materi Prinsip-prisip klasifikasi, Virus dan Monera. ptk biologi sma Guru dapat menjadikan model pembelajaran Iqro’ dengan pendekatan JAS sebagai alternatif pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Sebagai  sebuah pendekatan, pembelajaran JAS ini memanfaatkan alam sekitar  kehidupan peserta didik baik lingkungan fisik, sosial, budaya, sebagai obyek  belajar biologi dengan mempelajari fenomenanya melalui kerja ilmiah  Selama ini pembelajaran Biologi masih dipahami secara tekstual, sehingga  akan menghasilkan siswa yang melek pengetahuan berupa pandai menghafal,  namun kurang memahami gejala dan realita serta makna dari gejala alam  (Djohar, 2005).

Dalam mempelajari Biologi, kiranya siswa perlu diorientasikan  terhadap kajian obyek di alam secara nyata, dibantu dengan buku sebagai  pembanding hasil kajian siswa. Model pembelajaran yang ingin diterapkan yaitu  model pembelajaran Iqro’.

ptk biologi sma Model pembelajaran Iqro’ merupakan salah satu bentuk model dari  pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Dengan pembelajaran model ini,  peserta didik diajak untuk mendengarkan suara-suara alam, mengagumi ciptaan  Tuhan, mengeksplorasi lingkungan, menyatukan perasaan dengan alam  sehingga peserta didik tidak hanya mengerti tetapi terasah perasaan personal,  sosial dan seninya (Ridlo, 2005).
Kegiatan utama dalam model pembelajaran Iqro’ pada materi prinsip-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera adalah guru mengarahkan siswa untuk dapat mempelajari lingkungan alam sekitar yang merupakan hasil ciptaan Tuhan. Dalam model ini terbagi kedalam 3 bagian yaitu: eksplorasi, konseptualisasi dan komunikasi.
Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Iqro’ melalui pendekatan JAS dapat menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah yang dialami oleh kelas X MAN 2 Semarang. ptk biologi sma Melalui kegiatan pembelajaran yang dirancang semenarik mungkin dengan disertai pemanfaatan lingkungan sekitar siswa dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi prinsip-prinsip klasifikasi, Virus dan Monera.

D. Penegasan Istilah ptk biologi sma
1.Pemahaman siswa
Pemahaman berarti bahwa konsep yang diterima merupakan fakta yang saling berkaitan dan siswa mampu menerapkan konsep tersebut ke dalam situasi yang baru. Pemahaman siswa dalam penelitian ini mengacu pada hasil belajar, dimana siswa dianggap telah paham terhadap materi apabila hasil belajarnya sekurang-kurangnya mendapat nilai ≥ 6,5.
2.Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) ptk biologi sma.
Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) memanfaatkan alam sekitar kehidupan peserta didik baik lingkungan fisik, sosial, budaya sebagai obyek belajar biologi dengan mempelajari fenomenanya melalui kerja ilmiah.
Pendekatan ini menekankan pada kegiatan pembelajaran yang dikaitkan  dengan situasi nyata, sehingga selain dapat membuka wawasan berfikir yang  beragam dari seluruh peserta didik, pendekatan ini memungkinkan peserta  didik dapat mempelajari berbagai konsep dan cara mengkaitkannya dengan
kehidupan nyata sehingga hasil belajarnya lebih berdaya guna bagi
kehidupannya, kehidupan sebagai mahkluk Tuhan, mahkluk sosial dan  integritas dirinya (Ridlo, 2005) 3.Model pembelajaran Iqro’
Dengan belajar biologi terdapat kaitan antara belajar biologi dengan
potensi membangun keyakinan akan kebesaran Tuhan. Hal ini dapat
terlaksana bila pembelajaran biologi dilakukan dengan kegiatan Iqro’ yakni  membaca ayat-ayat Tuhan (Djohar, 2005). ptk biologi sma Model pembelajaran Iqro’ ini  mempunyai tiga langkah yaitu: eksplorasi, konseptualisasi dan komunikasi.

4.Pokok kajian Virus dan Monera ptk biologi sma
Virus dan Monera merupakan pokok kajian dalam materi pembelajaran  kelas X MAN 2 Semarang semester gasal. Ada dua hal penting di dalam  pokok kajian tersebut yaitu:
a. Virus organisme subrenik.
b.Monera meliputi bakteri dan ganggang biru, renik memperoleh nutrisi dengan menyerap (saprofit atau parasit) dan autotrof.
E. Tujuan Penelitian ptk biologi sma

Dalam penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi Prinsi-prinsip Klasifikasi, Virus dan Monera melalui pendekatan JAS dengan model pembelajaran Iqro’ pada kelas X-B MAN 2 Semarang.
F.Manfaat Penelitian ptk biologi sma
1. Bagi siswa
Agar siswa lebih termotivasi dalam belajarnya, karena dalam pembelajaran ini siswa dapat langsung berinteraksi dengan alam sehingga siswa akan terbiasa membaca ciptaan Tuhan (iqro’). Pada akhirnya dapat meningkatkan pemahamannya terhadap materi prinsip-prinsip klasifikasi, virus dan monera.
2.Bagi Guru
ptk biologi sma Memberi pengetahuan untuk dapat memilih alternatif pembelajaran kebiologian yang langsung menggunakan alam sebagai obyek belajar. Selain itu juga memberi masukan untuk guru dalam mengkaitkan secara langsung antara ilmu dan agama dalam pembelajaran di sekolah, khususnya materi prinsip-prinsip Klasifikasi Virus dan Monera.
3.Bagi sekolah/ madrasah Memberikan sumbangan bagi sekolah dalam rangka mengoptimalkan potensi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran Biologi ptk biologi sma.

None found.
This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas SMA and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to ptk biologi sma

  1. indra nico says:

    PTK adalah merupakan kewajiban seorang guru/pengajar untuk memcari tahu apa saja yang menjadi kendala bagi seorang/kelompok siswa sampai gagal dalam suatu materi pembelajaran atau lebih, dengan melakukan penelitian terhadap siswa dan faktor-faktor yang berada disekelilingnya yang dapat mempengaruhi proses belajar mereka.

  2. elvanis rozalinda says:

    saya sangat berterima kasih dengan adanya media ini. karena saya sangat terbantu seklali. jika ada informasi lain tentang ptk, mohon dibagi informasinya ya. gterima kasih.

  3. Trimakasih Pak atas PTKnya.

  4. Mona says:

    terima kasih contoh PTK nya..

  5. abdhy umar says:

    tlng kirim kan PTK biologi sma ya. thnks be for

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>