ptk bahasa inggris sma

ptk bahasa inggris sma Pada postingan ptk bahasa inggris smp yang lalu saya hanya memberikan abstraksnya saja, sekarang pada potingan ptk bahasa inggris sma ini saya akan memberikan bab 1 nya dengan versi bahasa indonesia. yang mana ini berbeda dengan postingan sebelumnya yang menggunakan versi Inggris.

Semoga ini memberikan manfaat bagi anda . . .

A. Latar Belakang ptk bahasa inggris sma

ptk bahasa inggris sma Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Melalui bahasa manusia dapat berkomunikasi, berbudaya, berinteraksi dengan lingkungan, dan lain sebagainya. Mengingat pentingnya peranan bahasa dalam kehidupan manusia tersebut, maka pembelajaran bahasa secara formal harus diarahkan pada penguasaan bahasa baik secara lisan ataupun tulisan.

ptk bahasa inggris sma Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang wajib dipelajari bagi siswa yang sekolah pada jenjang sekolah, baik madrasah  tsanawiyah (MTs) setingkat dengan sekolah menengah pertama  (SMP) ataupun sekolah Aliyah (MA) setingkat dengan sekolah menengah atas (SMA). Berdasarkan kurikulum Tahun 2004  bahwa Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan berbahasa Inggrisbaik untuk berkomunikasi secara aktif maupun pasif.

Mencermati tujuan yang ditetapkan di atas, kiranya bukan hal yang  berlebihan dalam hal penguasaan Bahasa Inggris yang harus dicapai oleh siswa. Sebab berdasarkan kenyataan, bahwa bahasa ini dalam fase perkembangannya telah dijadikan bahasa resmi dunia Internasional (PBB Persatuan Bangsa-Bangsa) (Yusuf dan Anwar, 1995).

Masalahnya sekarang adalah bagaimana meningkatkan kualitas Bahasa Inggris, yang masih dianggap sebagian siswa sebagai bahasa yang  sulit untuk dipelajari. Disini peranan guru sangat dinantikan.  Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seperti pengadaan  pusat latihan, pengadaan laboratorium bahasa, kursus-kursus, media massa yang menyajikan bahasa Inggris yang praktis ptk bahasa inggris sma.

Selanjutnya Yusuf dan Anwar (1995) menjelaskan bahwa Bahasa Inggris yang sebenarnya tidaklah sulit, asalkan tekun dan rutin (bersungguh-sungguh dan serius)  serta berani mempraktekkannya,  tidak perlu  malu/takut salah serta banyak latihan. ptk bahasa inggris sma Hal itu dapat dilakukan baik di sekolah maupun luar sekolah,  sehingga bahasa Inggris bukan lagi hal  yang ditakuti dan dianggap sukar oleh siswa.

ptk bahasa inggris sma Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, banyak faktor yang dapat dilihat sebagai penyebab. Menurut pendapat Ahmadi dan Mulyono (1991) bahwa komponen-komponen yang mempengaruhi hasil belajar seorang  siswa meliputi :  (1)  stimuli belajar, (2) metode belajar, (3) individual  siswa. Syah (2001) menjelaskan terdapat dua faktor  utama yang mempengaruhi perolehan hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Selanjutnya, yang termasuk kedalam faktor internal diantaranya adalah intelegensi, minat, bakat, sikap serta motivasi. Sedangkan yang termasuk kedalam faktor eksternal meliputi guru, metode pembelajaran, lingkungan sekolah serta sarana dan prasarana.

Melihat berbagai faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar  siswa, peneliti menyoroti penggunaan strategi pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. ptk bahasa inggris sma Setiawan (2004) menyebutkan saat ini, sebagian besar guru dalam mengajar masih menggunakan komunikasi satu arah (one way traffic communication). Dengan cara mengajar seperti ini, guru bertindak sebagai pemberi ilmu pengetahuan yang pasif. Terlihat bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah cenderung membuat siswa pasif,  pembelajaran satu arah dan tidak dapat mendorong siswa   untuk mampu berbahasa Inggris. Seharusnya, dalam pembelajaran bahasa harus selalu memancing siswa untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari belajar dalam kehidupan sehari-hari.

ptk bahasa inggris sma Dengan demikian maka perlu kiranya dirancang suatu proses permbelajaran yang dapat membangkitkan motivasi, menggugah perhatian, menggairahkan siswa untuk belajar. Hal inilah  yang merupakan peran utama seorang guru selain menjadi sumber informasi harus menjadi motivator dan fasilitator bagi siswa sehingga timbul minat belajarnya.

Melihat kondisi di atas, peneliti merasa tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran konstruktivis dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa. Menurut Setiawan (2004) pembelajaran berdasarkan teori konstruktivis bahwa belajar merupakan proses sosial yang bisa berbentuk dorongan untuk bekerja sama, menggunakan keterampilan berbahasa, melibatkan siswa dalam suasana alam sebenarnya, mendorong siswa untuk melakukan dialog dan komunikasi dengan guru dan sesama siswa. Jika hal ini dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris, bukan tidak mungkin kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris akan meningkat.

ptk bahasa inggris sma Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran konstruktivis dalam bahasa Inggris .

 

B. Identifikasi masalah ptk bahasa inggris sma

Dari uraian pada latar belakang masalah di atas, beberapa hal yang dapat diidentifikasi yang merupakan penyebab rendahnya hasil belajar bahasa Inggris siswa adalah; Apakah media pembelajaran yang digunakan guru sesuai dengan keadaan sekarang? Apakah metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dapat menarik perhatian siswa mempelajari bahasa Inggris? ptk bahasa inggris sma Apakah metode yang digunakan guru sesuai dengan karakteristik bidang study bahasa Inggris? Bagaimanakah menyesuaikan metode pembelajaran agar tepat sesuai dengan karakteristik materi pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan? Bagaimanakah hasil belajar bahasa Inggris siswa jika diajar dengan menggunakan metode ceramah sebagai strategi pembelajaran konvensional? Apakah penggunaan metode ceramah dalam pelajaran bahasa Inggris belum memberikan hasil belajar yang maksimal? Apakah penggunaan strategi pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris?

C. Pembatasan Masalah ptk bahasa inggris sma

Mengingat banyaknya faktor-faktor  yang diidentifikasi yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa, maka dari uraian pada latar belakang masalah dan identifikasi masalah di atas, permasalahan pada penelitian ini dibatasi pada penggunaan strategi pembelajaran kontruktivis ptk bahasa inggris sma .

D. Perumusan Masalah ptk bahasa inggris sma

Berdasarkan latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah di atas, maka masalah pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai “apakah strategi pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris siswa?

E. Tujuan Penelitian ptk bahasa inggris sma

Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas strategi pembelajaran konstruktivis dalam meningkatkan hasil belajar bahasa inggris.

F. Manfaat Penelitian ptk bahasa inggris sma

Dengan dilakukannya penelitian ini akan memberikan dua manfaat sekaligus yaitu manfaat teoretis dan manfaat praktis. ptk bahasa inggris sma Secara teoretis penelitian ini untuk memperkaya khazanah kepustakaan dan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan penunjang penelitian lanjutan pada masa yang akan datang.

Secara praktis penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang efektivitas penerapan strategi pembelajaran konstruktivis terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa ptk bahasa inggris sma

 

This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas SMA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to ptk bahasa inggris sma

  1. sri Handayani qosimiyati says:

    kembangkan prestasi

  2. edy says:

    thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>