ptk bahasa indonesia smp

ptk bahasa indonesia smp KEEFEKTIFAN     METODE     PQRST     DALAM    MEMBACA  PEMAHAMAN TEKS BACAAN PADA MATA PELAJARAN   BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER I  SMP NEGERI 1 ……………………  TAHUN AJARAN 20…

Pada saat ini saya akan memposting salah satu ptk bahasa indonesia smp yang menggunakan metode pqrst dalam membaca pemahaman teks. Pada postingan sebelumnya saya juga telah mengshare kepada anda ptk bahasa indonesia sd.

Mesti diingatkan lagi bahwa ptk bahasa indonesia smp yang di share disini hanya bab 1 nya saja, hal ini karena keterbatasan hosting dan juga waktu saya. Jika saya tulis semuannya disini dari bab 1 sampai bab 5 sungguh akan sangat panjang karena satu ptk terdiri lebih dari 70 halamam bahkan ada yang sampai 150 halaman.

Namun bagi anda yang ingin mendapatkan semua ptk bahasa indonesia smp yang ada di web ini ataupun keseluruhan ptknya saya telah memfasilitasi anda dengan hanya menjadi member anda sudah bisa download ptk bahasa indonesia smp atau pun semua ptk yang ada disini. yuk … kita simak

Salah satu tujuan umum pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 1994 yang terkait dengan pembelajaran membaca adalah siswa dapat memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan.

ptk bahasa indonesia smp Sebenarnya siswa sudah dapat membaca dengan lancar, tetapi hanya sebatas membaca dalam arti melambangkan tulisan. Jika menjawab pertanyaan isi bacaan, siswa melihat kembali isi bacaan tersebut. Pada akhirnya siswa kesulitan menyusun kembali isi bacaan dan tidak dapat menceritakan isi bacaan. Hal ini merupakan kebiasaan membaca yang salah. ptk bahasa indonesia smp Metode PQRST ini dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam membaca pemahaman dan membantu siswa yang daya ingatanya kurang atau kurang memahami bacaan yang dibacanya dengan langkah-langkah membaca.

Sehingga penulis ingin melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode PQRST dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri I Brangsong Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan dengan metode PQRST dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan kelompok yang tidak menggunakan metode PQRST dan mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan metode PQRST yang diberikan oleh guru dalam membaca pemahaman teks bacaan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
ptk bahasa indonesia smp Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 7 kelas yang berada di SMP Negeri 1 Brangsong kendal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling. Dari 7 kelas yang ada diambil 2 kelas untuk sampel penelitian. variabel dalam peneliitan ini ada dua yaitu penggunaan metode PQRST sebagai variabel bebas dan prestasi belajar membaca pemahaman siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik t test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan dengan metode PQRST pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Brangsong tahun pelajaran 2004/2005 adalah 7,1 sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol adalah 6,1. Setelah dilakukan analisis statistik dengan t test diperoleh harga thitung = 8.034 > t(0,975)(58) = 2.00. ptk bahasa indonesia smp Dengan demikian menunjukkan bahwa metode PQRST dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Brangsong. Efektivitas penggunaan metode PQRST dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 16,39%.
ptk bahasa indonesia smp Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saran-saran yaitu : 1) Dalam proses belajar mengajar hendaknya guru mengefektifkan penggunaan metode PQRST dalam kegiatan belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SLTP agar hasil belajar siswa meningkat dan 2) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan populasi yang lebih luas sehingga diperoleh simpulan yang lebih menyakinkan

Maaf ya bukan bab 1 1 yang saya posting terlebih dulu tapi saya posting abstraksnya dulu. Mungkin pada postingan selanjutnya saya akan poting bab 1 ptk bahasa indonesia smp ini. Pada akhirnya saya katakan semoga bermafaat bagi anda.

 

This entry was posted in Ptk Bahasa Indonesia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to ptk bahasa indonesia smp

  1. sri windarti says:

    sy ikut member donk…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>