Perencanaan Tindak Lanjut Penelitian Tindakan kelas

Hasil analisis dan refleksi akan menentukan apakah tindakan yang telah dilaksanakan dapat mengatasi masalah yang memicu penyelenggaraan PTK atau belum. Jika hasilnya belum memuaskan atau masalahnya belum terselesaikan, dilakukan tindakan perbaikan lanjutan dengan memperbaiki tindakan perbaikan sebelumnya atau, dengan menyususn tindakan perbaikan yang betul-betul baru untuk mengatasi masalah yang ada.

Jika masalah yang di teliti belum tuntas atau belum memuaskan pemecahannya, PTK harus dilanjutka pada siklus ke-2 dengan prosedur yang sama seperti pada siklus ke-1, yaitu perumusan maslah, perencanaan tindakanm pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, dan analisis-refleksi. Jika pada siklus ke-2 ini permasalahannya sudah terselesaikan (memuaskan), tidak perlu dilanjutkan dengan siklus ke-3. Namun, jika pada siklus ke-2 masalahnya belum terselesaikan, perlu dilanjutkan dengan siklus ke-3, dan seterusnya.

This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>