Perbedaan antara PTK dan Penelitian Formal

Berdasarkan pengamatan, pelaksanaan PTK yang berkolaborasi antara guru dengan dosen LPTK masih menampahkan kekurangtepatan persepsi. Pertama, dosen LPTK menempatkan dirinya sebagai pembina guru, baik dalam konteks sekolah dasar maupun dalam konteks sekolah menengah. Dosen masih merasakan bahwa dirinya adalah pakar yang harus mengarahkan kalau perlu mendiktekan idenya kepada para guru. Permasalahan PTK lalu tidak berakar di kelas, tetapi berakar pada gagasan dosen LPTK. Guru tidak atau kurang menghayati permasalahan yang dilontarkan oleh dosen dengan cara seperti itu. Kedua, kekurangan persepsi itu berkaitan dengan pendekatan penelitian yang diterapkannya, yakni penelitian formal. Dalam hal semacam itu, dosen LPTK cenderung memberikan pelatihan pada guru dan yang terjadi bukanlah PTK melainkan pengembangan staf atau program pelatihan bagi guru (Imam dkk., 2004).

Oleh sebab itu, harus dibedakan antara penelitian formal dengan PTK, terutama jika dilihat pada pemetik keuntungan langsungnya (direct beneficiary). Dalam programpelatihan pemetik keuntungan langsung adalah guru yang dilatih, sedangkan untuk PTK pemetik keuntungan langsung adalah murid. Perbedaan antara PTK dengan dengan penelitian formal, menurut Imam dkk. (2004). Dapat dilihat pada Gambar 1.

 

Dimensi

PTK

Penelitian Formal

Motivasi Tindakan Kebenaran
Sumber Masalah Diagnosis status Induksi-deduksi
Tujuan Mengembangkan praksis pembelajaran Verifikasi dan menemukan pengetahuan yang dapat digeneralisasikan
Keterlibatan Peneliti Oleh pelaku dari dalam Oleh orang luar
Sampel Kasus khusus Representatif
Metodologi Longgar tetapi berusaha objektif Baku, objektif yang melekat
Tafsiran temuan Memahami praktis melalui refleksi dan penteorian oleh praktisi Memberikan, mengabstraksikan, membangun teori oleh ilmuwan.
Hasil akhir Pembelajaran yang lebih baik bagi siswa (proses dan produk) Menguji pengetahuan, prosedur, dan material
This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Perbedaan antara PTK dan Penelitian Formal

  1. ahmad rojali says:

    mohon dikirimkan contoh PTK bahasa Indonesia untuk suiswa SMA, Pak. Trims atas bantuannya. kirim via email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>