Laporan penelitian tindakan kelas

Laporan penelitian tindakan kelas PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN

Penulisan laporan penelitian, pada hakikatnya, dimaksudkan untuk mengkomunikasikan kegiatan dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti. Bentuk paling umum yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian adalah bentuk laporan penelitian tertulis. Penulisan laporan sebagai bagian dari keseluruhan rangkaian kegiatan penelitian merupakan tahap yang sangat penting. Laporan penelitian tindakan kelas Arti penting dan nilai sebuah penelitian pada umumnya ditentukan oleh kualitas serta kegunaan laporan tersebut.

Laporan penelitian tindakan kelas Banyak hal dipersyaratkan untuk dimiliki seorang peneliti agar ia mampu mneyusun laporan penelitian dengan baik. Hal-hal tersebut, antara lain, adalah pengetahuan yang memadai mengenai bagian-bagian laporan, keterampilan-keterampilan pengorganisasian dan kemampuan menulis (sudah tentu termasuk kemampuan berbahasa kerena bahasa digunakan sebagai medianya), ketersediaan waktu, kecermatan, ketelitian, dan barangkali juga kesabaran.

Dalam buku ini, akan dikemukakan tiga hal pokok, yaitu, (1) tujuan penulisan laporan penelitian, (2) struktur laporan penelitian, dan (3) bahasa yang digunakan dalam laporan penelitian. Laporan penelitian tindakan kelas

A.     Tujuan Penulisan Laporan Penelitian

Tujuan penulisan laporan penelitian adalah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian kepada pihak lain. Selain itu, laporan penelitian dimaksudkan sebagai bentuk pertanggungjawaban peneliti kepada pihak tertentu atas proses hasil penelitian yang telah dilakukan. Berkenaan dengan itu, peneliti harus menyadari untuk siapakah laporan  peneliti itu di tulis atau disampaikan. Jawaban terhadap pertanyaan ini mempengaruhi hampir semua bagian atau aspek dalam laporan penelitian. Laporan yang ditulis dan ditujukan kepada lembaga pemberi dana penelitian tentu harus disusun sesuai dengan format dan segala ketentuan yang digariskan. Lain lagi kalau laporan itu berupa skripsi, tesis, atau disertasi yang ditulis oleh seorang mahasiswa. Laporan penelitian  yang ditulis dalam bentuk artikel untuk sebuah jurnal ilmiah tentu berbeda dengan artikel yang disusun dalam bentuk makalah, buku, atau yang akan dipublikasikan di surat kabar atau majalah.

Laporan penelitian tindakan kelas Brown (1994) berpendapat bahwa karena faktor jarak antara penulis dan pembaca, penulis dituntut mrmiliki empat kognitif, yaitu kemampuan “membaca” tulisannya sendiri dari perspektif pikiran pembaca sasaran (target reader). Penulis hendaknya dapat memprediksi pengetahuan, budaya, skemata pembaca; memiliki pengetahuan spesifik tentang pokok [ersoalan yang ditulisnya; dan yeng lebih penting lagi pilihan bahasanya dapat dipahami.

Laporan penelitian, pada umumnya, dituulis setelah peneliti menyelesaikan semua pross pengumpulan data serta menganalisis data tersebut. Cara kerja demikian dapat dikatakan kuran efisien. Peneliti hendaknya mempersiapkan proses penyusunan laporan sejak kegiatan penelitian dimulai. Sehubungan dengan itu, peneliti perlu merancang garis besar laporan bersamaan waktunya dengan pada waktu ia mengajukan desain penelitian.

B.     Struktur Laporan Penelitian

Laporan penelitian biasanya terdiri atas tiga bagian, bagian awal (preliminary), bagian pokok, dan bagian akhir. Namun, aspek-aspek yang tercakup dalam masing-masing bagian tersebut bisa bervariasi. Hal itu bergantung pada jenis penelitian maupun lembaga penelitian atau lembaga penyandang dana penelitian. Berikut ini dikemukakan salah satu contoh struktur atau format penelitian.

Bagian Awal Laporan penelitian tindakan kelas

LEMBAR JUDUL PENELITIAN

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN

ABSTRAK

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL (JIKA ADA)

DAFTAR GAMBAR (JIKA ADA)

DAFTAR LAMPIRAN

Bagian Pokok Laporan penelitian tindakan kelas

BAB I: PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Perumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Penelitian

BAB II: TINJAUAN PUSTAKA

  1. Kajian Teori
  2. Temuan Hasil Penelitian Relevan
  3. Kerangka Berpikir
  4. Hipotesis Tindakan

BAB III: METODE PENELITIAN

  1. Setting Penelitian
  2. Subjek Penelitian
  3. Data dan Sumber Data
  4. Tehnik Pengumpulan Data
  5. Validitas Data
  6. Tehnik Analisis Data
  7. Indikator Kinerja
  8. Prosedur Penelitian

BAB V: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Hasil Penelitian
    1. Siklus I
      1. Perencanaan
      2. Tindakan
      3. Pengamatan
      4. Refleksi
      5. Siklus II
        1. Perencanaan
        2. Tindakan
        3. Pengamatan
        4. Refleksi
      6. dst.
      7. Pembahasan Hasil Penelitian

BAB VI: SIMPULAN DAN SARAN Laporan penelitian tindakan kelas

  1. Simpulan
  2. Implikasi
  3. Saran

Bagian Akhir Laporan penelitian tindakan kelas

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Semoga Laporan penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi anda semua.

This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Laporan penelitian tindakan kelas

  1. didi junaedi says:

    mohon di beritahukan cara pembuatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>