Identifikasi Masalah PTK

Sebagaimana telah dijelaskan, penetapan arah PTK berangkat dari diagnosis tehadap keadaan yang bersifat umum. Anda dapat memulai proses penemuan permasalahan dengan bertolak pada gagasan-gagasan yang masih bersifat umum mengenai keadaan yang perlu di perbaiki. Menurut Hopkins (1993), untuk mendorong pikiran-pikiran dalam mengembangkan fokus PTK, kita dapat bertanya kepada diri sendiri, misalnya:

(1)   Apa yang sedang terjadi sekarang?

(2)   Apa yang sedang terjadi itu mengandung permasalahan?

(3)   Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasinya?

Pada tahap ini yang paling penting adalah menghasilkan gagasan-gagasan awal mengenai permasalahan aktual yang Anda alami sebagai guru dikelas. Dengan berangkat dari gagasan-gagasan awal tersebut, Anda dapat berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan dengan menggunakan PTK. Masalah yang Anda rasakan atau pernah Anda alami dapat Abda catat. Masalah dapat berasal dari guru, siswa, bahan ajar, kurikulum, interaksi pembelajaran, hasil belajar, media, dan sebagainya.

Sering dijumpai betapa tidka mudahnya mengidentifikasi permasalahan. Jika hal ini terjadi, anda dapat meminta bantuan pada sesama guru, berdiskusi dengan dosen mitra dan atau melacak sumber-sumber keurtakaan yang reelevan.

This entry was posted in Penelitian Tindakan Kelas and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Identifikasi Masalah PTK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>