Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP

Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Permohonan dengan Pendekatan Kontekstual Elemen Konstruktivisme pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005

Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP Keterampilan menulis sebagai salah satu cara berkomunikasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menyusun dan menggunakan bahasa secara tertulis dengan baik dan benar. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru kelas pembelajaran menulis kelas VIIA SMP Negeri 5 Semarang masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata klasikal kurang dari 60. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Pemilihan pendekatan kontekstual elemen konstruktivisme sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis surat permohonan berdasarkan tuntutan kurikulum berbasis kompetensi yang memberikan kebebasan pada guru untuk memilih teknik yang beragam dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis surat permohonan siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Semarang setelah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual elemen konstruktivisme? dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Semarang setelah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual elemen konstruktivisme? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat permohonan siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Semarang setelah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual elemen konstruktivisme. Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP Tujuan yang kedua adalah mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 5 Semarang setelah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual elemen konstruktivisme.

Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilksanakan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri Semarang. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Analisis data kuantitatif dihitung dengan menggunakan analisis SPSS 10.00 for windows untuk memudahkan peneliti dalam mengolah data sehingga menjadi lebih cepat dan efisien.
Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan menulis surat permohonan siswa dari pratindakan, siklus I sampai pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,47%. Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP Sebelum dilakukannya tindakan, nilai rata-rata klasikal menulis surat permohonan sebesar 47,64. Pada siklus I terjadi peningkatan 26,64%, dengan nilai rata-rata 74,28 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,83%, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,11. Jadi peningkatan kemampuan menulis surat permohonan siswa dari pratindakan sampai siklus II sebesar 33,47%. Peningkatan kemampuan menulis surat permohonan siswa ini juga diikuti dengan perubahan perilaku negatif menjadi perilaku positif. Pada siklus II siswa semakin aktif dan senang dalam proses pembelajaran.

Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan peneliti antara lain: (1) guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam proses pembelajaran seyogyanya berperan sebagai fasilitator dan motivator, karena dengan begitu pembelajaran akan menjadi pengalaman yang sangat bermakna bagi siswa; (2) pendekatan kontekstual elemen konstruktivisme dapat dijadikan alternatif pilihan guru dalam proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas; (3) penerapan konstruktivisme sebagai upaya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa hendaknya disesuaikan dengan materi pelajaran yang sedang dibahas, mengingat penerapan pendekatan tersebut belum tentu cocok untuk diterapkan pada semua materi pelajaran; (4) guru Bahasa dan Sastra Indonesia harus dapat memilih metode yang tepat dalam menerapkan pendekatan konstruktivisme, sehingga dalam proses pembelajaran siswa benar-benar berkesempatan untuk dapat mengkonstruksikan konsep-konsep yang benar dalam struktur kognitifnya Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP.

This entry was posted in Ptk Bahasa Indonesia and tagged . Bookmark the permalink.

12 Responses to Contoh ptk Bahasa Indonesia SMP

  1. irmaya candra says:

    sangat baik..

  2. Titiek Maryuni says:

    Terima kasih

  3. muhammad rusman says:

    ptk sangat membantu guru meningkatkan profesionalismenya. terima kasih

  4. yulisamsul says:

    contoh ptk sd.matematika dan ipa

  5. maraswi says:

    Terima kasih, semoga contoh yang diberikan memberi kontribusi bagi mengalirnya kemampuan menulis saya.

  6. leopetrus76@yahoo.co.id says:

    Thanks. Ptk sangat membantu guru supaya lebih profesional.

  7. rusdiyusuf says:

    Apakan contoh untuk mata pelajaran Agribisnis ada…?

  8. suwono ilham says:

    terimakasih

  9. zumirat ikhwahdah says:

    mohon di kiriman contoh PTK ke aulmaulana944@yahoo.co.id

  10. tutizenwid says:

    ptk ipa fisika smp ???

  11. tutizenwid says:

    contoh ptk fisika smp kalau boleh yang lengkap :)

  12. vena says:

    ptk, sangat memantu guru melihat perkembangan anak didiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>