Contoh Penelitian Tindakan Kelas

Contoh penelitian tindakan kelas IPS

Contoh penelitian tindakan kelas yang dibahas di posting kali ini adalah contoh penelitian tindakan kelas lengkap dari bab 1 sampai dengan bab 5. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga saya akan memberikannya secara berseri yaitu mulai dari bab 1 terlebih dahulu kemudian bab 2, dan bab bab selanjutnya.

Untuk lebih mempertajam anda dalam melakukan penelitian ptk ada baiknya memperhatikan contoh penelitian tindakan kelas di bawah ini ( Bab 1)

1.1 Latar Belakang Masalah

Mengingat manusia dalam konteks sosial itu demikian luasnya, maka pada pembelajaran IPS setiap jenjang pendidikan, kita harus melakukan pembatasan sesuai dengan kemampuan siswa pada tingkat masing-masing. Sebagaimanam Nursid (1984: 11) menyatakan bahwa: “Radius ruang lingkup pengajaran IPS di SD dibatasi sampai gejala dan masalah sosial yang dapat dijangkau geografi dan sejarah. Terutama gejala dan masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada pada lingkungan hidup murid SD tersebut”. Menyimak dari pernyataan di atas bahwa ruang lingkup yang dipelajari IPS adalah manusia sebagai anggota masyarakat. Oleh karena itu segala gejala dan masalah serta peristiwa tentang kehidupan manusia di masyarakat, dapat dijadikan sumber dan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) contoh penelitian tindakan kelas
IPS adalah bidang pengetahuan yang digali dari kehidupan praktis sehari-hari di masyarakat. Oleh karena itu pengajaran IPS yang tidak bersumber kepada masyarakat, tidak mungkin akan mencapai sasaran dan tujuan pelajaran IPS.
Oleh karena itu Nursid (1994: 13) selanjutnya mengatakan bahwa: “Pengajaran IPS yang melupakan masyarakat sebagai sumber dan obyeknya, merupakan suatu bidang pengetahuan yang tidak berpijak kepada kenyataan”.

contoh penelitian tindakan kelas Terkait dengan penelitian ini, Peneliti tertarik dengan permasalahan-permasalahan yang menyangkut pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, yang dirumuskan dalam judul penelitian. Peneliti yakin apabila guru tidak mengetahui perkembangan anak, maka guru akan menghadapi kesulitan dalam melaksanakan tugasnya, sebab guru telah mengabaikan potensi anak, sedangkan bila guru melupakan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, maka guru akan membina anak didik dalam mimpi-mimpi yang tidak realistis. Pengajaran IPS tidak akan mampu membina keterampilan sosial para siswa. Hal ini dikemukakan oleh Jhon Dewey, (dalam Numan,S,dkk,1997:23) mengungkapkan bahwa:

“Masalah yang utama dalam pengajaran sosial ialah bagaimana menemukan bahwa pelajaran yang dapat memberikan dorongan siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yag cocok dengan waktu, kebutuhan serta cita-cita peserta didik, karenanya guru seyogyanya berusaha mencari dan merumuskan stimuli-stimuli yang mampu membina respon murid ke arah terciptanya kecakapan intelektual dan pertumbuhan rasa yang dikehendaki. Untuk itu program pengajaran harus mampu menyajikan masalah lingkungan kehidupan anak”. contoh penelitian tindakan kelas

Kalau kita perhatikan, banyak sekali sumber daya potensial yang berada di sekolah yang dapat kita jadikan sebagai sumber belajar. Di sekitar sekolah kita terdapat masjid, toko, pasar, kolam, tempat rekreasi, kebun, pabrik, grup seni, dan lain-lainnya. Secara fungsional itu semua dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dalam proses belajar mengajar siswa. “Secara umum, proses belajar mengajar dengan mengaplikasikan lingkungan alam sekitar adalah upaya pengembangan kurikulum dengan mengikutsertakan segala fasilitas yang ada di lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar”.( Lily Barlia. 2002:2 )

contoh penelitian tindakan kelas Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar, akan memberikan pengetahuan nyata bagi siswa, juga dimaksudkan untuk menghindari verbalisme, sebab menurut Piaget, anak usia SD pada umumnya yaitu pada taraf anak belajar mengenal sesuatu melalui benda yang nyata terlihat di lingkungan sekitarnya. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat mempermudah siswa menyerap bahan pelajaran, lebih mengenal kondisi lingkungannya, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya, serta akrab dengan lingkungannya. Dalam hal ini Lily Barlia (2002: 1) menyatakan bahwa: “Kebiasaan untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia di lingkungan sekitar dalam proses belajar mengajar merupakan wujud proses belajar mengajar dengan pendekatan ekologi”.

Salah satu tantangan mendasar dalam pengajaran IPS saat ini adalah bagaimana mecari strategi pembelajaran yang inovatif yang memungkinkan meningkatnya mutu proses pembelajaran. Perkembangan dan kemajuan IPTEK membuka kemungkinan siswa tidak hanya belajar di dalam kelas akan tetapi peserta didik dapat belajar di luar kelas. Dengan belajar di luar kelas peserta didik akan lebih leluasa menemukan ide-ide yang diperoleh dari informasi berbagai sumber, melatih siswa utuk memecahkan suatu masalah yang ada di masyarakat. Maka dengan demikian siswa bisa secara kritis dan kreatif serta dapat melakukan aktivitas dalam belajar. JJ. Rouseau, (dalam Lily, B 2002: 3) menyatakan bahwa: “Anak-anak sebaiknya belajar langsung dari pengalamannya sendiri, dari pada hanya mengandalkan perolehan informasi dari buku-buku, guru pertamaku adalah kakiku, tanganku dan mataku, karena dengan inderaku itu mengajariku berpikir”.

contoh penelitian tindakan kelas Berdasarkan pernyataan di atas, dianggap perlu memperkenalkan, memahami, mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran dengan Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar IPS SD dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “ Peningkatan Prestasi Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Cumedak 03 Sumberjambe Jember”.

 

1.2 Rumusan Masalah contoh penelitian tindakan kelas

Agar lebih jelas permasalahan penelitian ini lebih difokuskan pada pertanyaan penelitian sebagai berikut:

  1. Bagaimana upaya guru memanfaatkan media lingkungan sebagai sumber  belajar IPS di SD ?
  2. Bagaimana guru dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran IPS memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa ?

 

1.3 Tujuan Perbaikan contoh penelitian tindakan kelas

Agar penelitian dapat dilakukan sesuai dengan tujuan maka perlu adanya rumusan tujuan yang jelas.

Adapun pada penelitian ini bertujuan:

a. Dengan menggunakan sumber lingkungan maka guru dapat meningkatkan

proses pembelajaran IPS.
b. Ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan lingkungan

sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS di SD

1.4  Manfaat Perbaikan contoh penelitian tindakan kelas

  1. Bagi Peneliti
    a)  Sebagai syarat menyelesaikan studi pada Program S.1
    b)  Mendapat temuan atau gambaran tentang pemanfaatan lingkungan

sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS

  1. Bagi guru
    a)  Dapat mengetahui kelemahan siswa dalam pembelajaran IPS dan

mengetahui kelemahan guru dalam mengajar.
b)  Memberikan pengalaman sebagai bahan pertimbangan dalam

meningkatkan pembelajaran IPS.

  1. Bagi siswa
    a)  Dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS.
    b)  Dapat menciptakan daya nalar siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan

aktif.

  1. Bagi Sekolah
    Dapat menerapkan dan melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

Semoga contoh penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi anda. Untuk kelanjutannya yaitu bab 1, 2, dan selanjutnya saya akan posting berseri ya. Demikian terima kasih

This entry was posted in Contoh penelitian tindakan kelas and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Contoh Penelitian Tindakan Kelas

  1. mimi wally says:

    mohon tampilkan secara keseluruhan model/contoh PTK IPS dll.

  2. andri says:

    good

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>